Tips Berkaraoke di Komputer (Audio)


Hanya Audio
Pada bagian ini  akan dijelaskan cara membuat karaoke dalam bentuk audio saja. Yang artinya hasil yang anda dapatkan nanti adalah sebuah lagu minus vocal. Kita akan membahasnya mulai dari yang paling mudah.
http://pegasusnews.com/media/img/photos/2010/03/03/thumbs/karaoke.jpg.728x520_q85.jpg 
Karaoke Online
Berkat keajaiban Web 2.0, kini anda bisa menikmati berbagai kegiatan offline secara online, termasuk karaoke. Ada banyak website yang menyediakan fitur karaoke secara online. Yang dibutuhkan hanya mic, browser yang sudah dilengkapi flash player dan koneksi internet aktif tentunya. 
 Salah satu website untuk karaoke ini adalah www.karaokeparty.com. Saya akan menjelaskan untuk anda :

Jalankan browser dan buka www.karaokeparty.com
Pilih lagu yang diinginkan lalu klik Sing It
Pada jendela peringatan yang muncul, klik Allow
Di kotak pertama pilih Instrumental, pasang mic anda lalu Start
Tunggu proses loading lagunya hingga selesai, dan akan muncul tampilan karaokenya

Winamp + Vocal Remover (Audio)
Yang kita butuhkan disini adalah Winamp, yang pastinya anda sudah punya dan familiar dengan aplikasi ini. Yang ke-2 adalah plugin Winamp yang bernama Vocal Remover yang bias anda download di www.winamp.com/plugins/details/54368 dengan file berukuran 177 KB.
Pastikan Winamp sudah terinstal terlebih dahulu
Jalankan installer Vocal Remover dan arahkan instalnya ke folder C:\Program Files\Winamp\Plugins\
Setelah proses instalasi Vocal Remover selesai, jalankan Winamp, dan tekan Ctrl+P untuk membuka jendela Preferences
Di dalamnya, pilih item Plug-Ins, DSP/Effect, kemudian klik 2x pada AnalogX Vocal Remover
Coba mainkan sebuah lagu, kemudian tarik slider Vocal Remover ke nilai yang anda inginkan. Semakin tinggi nilainya, maka vocalnya semakin tidak terdengar. Tapi music yang mengiringinya juga akan terganggu sehingga terdengar agak berbeda dari aslinya
File MP3 aslinya tidak akan diutak-atik oleh Vocal Remover ini. Jadi anda tidak perlu khawatir, terus anda mungkin bertanya liriknya bagaimana? Karena bukan karaoke namanya kalau tidak ada liriknya. Untuk lirik, silahkan baca artikel dibawah lebih lanjut.
Audacity + Lyrics Plugin (Audio + Lirik)
Menigkat ke yang agak susah nih, kali ini kita akan mencoba menghilangkan vocal secara manual dari file MP3 yang biasanya kita dengar berhari-hari. Setelah itu, liriknya akan muncul secara otomatis di layar.
Untuk melakukan aksi ini, kita butuh Audacity yang bias di-download gratis dari www.audacity.sourceforge.net dengan ukuran file 7,6 MB. 
Sedangkan untuk tampilan liriknya, kita butuh Lyrics Plugin untuk Winamp bias di-download dari www.lyricsplugins.com dengan ukuran file 63 KB. Dan tidak lupa koneksi internet aktif :
Install Audacity seperti biasa
Setelah selesai, jalankan Audacity dan load MP3 yang ingin dijadikan karaoke. Klik menu File, Open … , lalu pilih lagunya
Di tanda panah yang ada di track, pilih Split Stereo Track
Track akan berubah menjadi 2, left dan right. Sekarang, klik track Right atau yang bawah, pilih menu Effect, Invert
Berikutnya, ubah ke-2 track menjadi Mono. Klik tanda panahnya dan pilih Mono
Sekarang coba mainkan sebuah lagu. Jika berhasil, maka vokalnya tidak terdengar lagi
Untuk menyimpannya, klik File, Export … , Edit metadata-nya lalu klik OK
Selanjutnya beri nama dan simpan dalam format WAV. Penyimpanan dalam format MP3 bisa anda lakukan jika sudah menginstal LAME MP3 Encorder yang bias di-download dari http://lame.buanzo.com.ar/
Setelah berekperimen dengan beberapa file MP3, saya mendapati bahwa tidak semua file MP3 bisa diperlakukan dengan cara seperti ini. Ada lagu yang vocalnya hamper hilang dengan sempurna dan ada lagu yang masih terdengar vokalnya. Setelah lagunya ada, sekarang tinggal liriknya :
Install Lyrics Plugin ke lokasi C:\Program Files\Winamp\Plugins\
Jalankan Winamp, tekan Ctrl+P untuk masuk ke preferences
Di item Plug-Ins, pilih General Purpose dan klik 2x pada Lyrics Plugin
Akan muncul jendela baru yang bias menampilkan lirik lagunya yang sedang dimainkan saat di Winamp
Lirik akan muncul selama ada koneksi internet aktif dan ID3 file MP3 tersebut diisi lengkap dan detail terutama di bagian Artist dan Tittle
Karaoke Menggunakan MIDI
Bila anda perhatikan lagu –lagu dalam format MP3 yang sudah diutak-atik dengan metode-metode di atas tadi, nadanya pasti berubah. Tidak lagi seperti aslinya. Jika anda menginginkan sebuah lagu karaoke yang setelah vokalnya dihilangkan tapi nadanya tidak berubah, maka jangan gunakan MP3 tapi gunakan MIDI.
Tidak seperti MP3, file MIDI pada umumnya terdiri dari beberapa track yang dipisah. Jadi bila dibuka dengan aplikasi yang tepat, anda bias melihat track khusus untuk vocal, gitar, drum, bass dan lain-lain. Track-track tersebut bias dimatikan dengan yang kita mau atau dalam hal ini untuk karena karaoke, maka track vocalnya dihilangkan. Cuma saja, music dalam format MIDI kurang merdu karena MIDI adalah audio dalam bentuk digital.
Untuk berkaraoke dengan MIDI, anda bias menggunakan Anvil Studio yang bias di-download dari www.anvilstudio.com/mstudioZ .exe dengan ukuran file 3,73 MB
Install Anvil Studio seperti biasa
Setelah di-instal, jalankan Anvil Studio dan klik menu File, Open Song …
Pilih file MIDI yang ingin anda jadikan karaoke. File MIDI ini bisa dengan mudah anda cari dengan bantuan www.musicrobot.com
Jika ada peringatan yang muncul, klik Yes
Akan terlihat susunan track yang ada di dalam MIDI tersebut. Tujuan kita adalah menghilangkan track vokalnya. Pilih track yang bernama vocals, lalu geser slidernya hingga ke angka 0
Untuk menyimpan file, klik menu File, Save Song As …
Sekarang coba dengarkan MIDI tersebut maka vokalnya sudah hilang dan tidak ada perubahan nada di musiknya
Sedikit tips, trik ini bisa juga anda pakai untuk yang sedang belajar alat music, apakah itu gitar, drum, bass, dan sebagainya. Jika anda ingin belajar gitar maka tinggal matikan track gitar. Jadi anda tidak perlu memiliki sebuah band jika ingin melatih permainan gitar anda dalam sebuah lagu. Dan satu lagi, jika didalam daftar track itu tidak ada daftar namanya maka anda harus mencarinya satu per satu mana yang dimatikan.

source:http://horier.blogspot.com/2011/01/tips-berkaraoke-di-komputer-audio_06.html

thanks,

1 komentar:

Hori Revens mengatakan...

iy gan sama", nah kalo ada sumbernya itu gag masalah . . salam kenal gan !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...